Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep dan cara membuat rendang daging sapi

(Ilustrasi rendang daging sapi)


 Rendang adalah makanan khas dari Padang yang menggunakan bahan daging dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Rendang tidak hanya dikenal di Indonesia saja tapi juga telah di kenal sampai ke manca negara. Rendang yang paling popular di Indonesia adalah rendang yang berasal dari Padang.

Rendang merupakan hidangan favorit saat lebaran dan acara-acara istimewa lainnya. Untuk membuat rendang sendiri di rumah, kita harus tau cara membuat bumbu-bumbunya karena rahasia kelezatan rendang ada pada bumbu-bumbunya yang kaya akan rempah.

Berikut ini resep dan cara membuat rendang daging sapi:

Bahan-bahan:

- Daging sapi: 2 Kg
- Daun serai: 4 lembar
- Daun kunyit: 4 lembar
- Asam gelugur: 4 cm
- Santan: 2,5 liter
- Daun jeruk nipis: 6 lembar
- Jintan: 1,5 sdt
- Pala: ½ sdt
- Garam: 2 sdt
- Ketumbar: ½ sdm
- Kunyit bakar: 3 cm
- Lengkuas: 2 cm
- Jahe dibakar: 2 cm
- Cabe merah: 120 gram
- Cabai merah besar: 100 gram
- Bawang putih: 8 siung
- Bawang merah: 12 butir
- Kemiri: 5 butir

Cara membuatnya:

- Cuci daging sapi sampai bersih kemudian tiriskan. Setelah itu potong-potong daging sapi menjadi bentuk kotak berukuran sedang, jangan terlalu tipis dan kecil karena akan mudah hancur saat dibuat rendang.
(Daging sapi)

- Sediakan wajan berukuran besar kemudian masukkan santan, serai, bawang merah yang sudah diiris-iris, asam gelugur, dan kunyit yang sudah dibakar. Rebus dengan api sedang dan aduk santan selama dipanaskan agar tidak pecah dan mendidih rata.

- Haluskan bumbu-bumbu lainnya dan masukkan ke dalam santan sambil terus di aduk-aduk selama kurang lebih 30 menit sampai kuah santan tampak berminyak.

- Masukkan potongan daging sapi dan masak dengan api kecil sampai santan menyusut dan mengental agar bumbu rendang meresap ke dalam serat daging sapi.

- Aduk terus sampai daging sapi cukup empuk secara merata.
 
(Proses memasak rendang)
- Setelah daging terasa empuk, angkat rendang dan siap disajikan.


Demikian resep dan cara memasak rendang daging sapi yang dapat kami bagikan kali ini. Untuk informasi lain seputar kuliner dan resep masakan, dapat dibaca pada artikel GOOYANG LIDAH lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Resep dan cara membuat rendang daging sapi"